Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 10 Tokoh Ahli Tafsir Dari Kalangan Sahabat

Ini Dia 10 Tokoh Ahli Tafsir Dari Kalangan Sahabat

Galeri Kitab Kuning - Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa al-Quran menjadi sumber paling utama dalam Islam. al-Quran sebagai pondasi ajaran Islam menuntut para ulama untuk bekerja keras memahami dan menjelaskan isi kandungannya kepada umat.

Sehingga pada titik ini Tafsir mutlak diperlukan guna mencapai tujuan tersebut. Maka tidak heran dari zaman ulama salaf hingga sekarang ditemukan banyak sekali kitab Tafsir, dengan berbagai metode dan pendekatan yang digunakan.

Secara historis, pada awal kemunculan Islam tidak ada satupun yang menafsiri al-Quran kecuali Rasulullah saw. sendiri. Bahkan para sahabat tidak pernah menafsiri al-Quran, selama Rasulullah saw. masih hidup dan berada diantara para sahabat.

Dan setelah Rasulullah saw. wafat, para sahabat mulai memahami al-Quran dan menafsirinya. Berikut ini 10 Tokoh Ahli Tafsir Dari Kalangan Sahabat :
  • Abu Bakar al-Shiddiq
  • Umar Bin Khatthab
  • Ustman bin Affan
  • Ali bin Abi Thalib
  • Abdullah Bin Mas'ud
  • Abdullah bin Abbas
  • Ubay bin Ka'ab
  • Zaid bin Tsabit
  • Abu Musa al-Asy'ari
  • Abdullah bin Zubair
Dikalangan para khulafaurrasyidin, yang paling banyak riwayat berkenaan penafsian al-Quran adalah Ali bin Abi Thalib, hal ini dikarenakan tiga khalifah sebelumnya lebih dahulu wafat.

Lantas siapakah yang paling terkenal sebagai seorang Mufassir diantara sepuluh sahabat diatas? yang paling terkenal sebagai mufassir diantara sepuluh sahabat diatas adalah Abdullah bin Abbas. Selain memiliki julukan Turjuman al-Quran "Penerjemah al-Quran", Hal ini dilandasi dengan sebuah riwayat hadits, bahwa Rasulullah saw. sendiri memberikan penghargaan dengan sebuah doa yang sangat masyhur :

اللهم فقهه في الدين وعلمه التأويل
"Ya Allah berikan dia (Abdullah bin Abbas) pemahaman didalam Agama, dan ajarilah dia Ta'wil"
Nah, apakah para pembaca tertarik memiliki Tafsir Ibnu Abbas? gampang, silahkan anda download pada link berikut secara gratis : Kitab Tafsir Ibnu Abbas

Imam Syafi'i pernah berkomentar tentang Abdullah bin Abbas sebagai seorang Mufassir " Telah ada sekitar 100 Riwayat berkenaan dengan Tafsir Abdullah bin Abbas".

Tulisan ini disarikan dari kitab "Mabahits Fi Ulumi al-Quran, Karya Shubhi Shalih. Halaman 289

Demikianlah 10 Tokoh Ahli Tafsir Dari Kalangan Shabat, yang bisa kami informasikan semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan para pembaca. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Ini Dia 10 Tokoh Ahli Tafsir Dari Kalangan Sahabat"

close
Banner iklan disini