Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Download Gratis al-Durru al-Mantsur Karya Imam Suyuthi

Download Gratis al-Durru al-Mantsur Karya Imam Suyuthi

Galeri Kitab Kuning - Siapa yang tidak pernah mendengar nama Imam Suyuthi? Salah satu ulama yang memiliki kedalam ilmu pengetahuan, serta terhitung termasuk salah satu pengikut paham Asy'ari. Kecerdasan Imam Suyuthi tersebut dapat dilihat dari buah karyanya. Ulama yang menyandang gelar al-Muhaqqiq ini setidaknya telah memiliki kurang lebih 500 karya, hal tersebut sebagaimana telah ditegaskan sendiri oleh muridnya, yakni al-Dawudi. Karya beliau meliputi berbagai bidang disiplin, mulai dari Tafsir, hadits, fiqih , ushul fiqih, hingga dibidang kedokteran.


Oleh karena itu, pantas jika Imam Suyuthi juga memiliki beberapa gelar yang lain, semisal al-Hafidz (gelar tertinggi dibidang hadits), Syaikh al-Islam (Tokoh Islam), al-Faqih (Ahli Fiqih), al-Ushuli (Ahli Ushul Fiqih) dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan salah satu karya Monumental Imam Suyuthi dibidang fiqih, yaitu Kitab Tafsir yang bernama "al-Durru al-Mantsur fi al-Tafsir Bi al-Ma'tsur ".

Sekilas Tentang Kitab Tafsir al-Durru al-Mantsur 
Menurut Dr. Shubhi Shalih dalam kitabnya Mabahits Fi Ulum al-Quran, Kitab al-Durru al-Mantsur ini masuk dalam kategori Kitab tafsir bi al-Ma'tsur. Dan seperti yang telah ita ketahui bersama, secara garis besar Tafsir memiliki tiga macam kategori, yaitu Tafsir bi al-Ma'tsur, Tafsir bi al-Ra'yi dan Tafsir al-Isyari. Dikarenakan kitab tafsir ini masuk dalam kategori bi al-Ma'tsur maka kami tidak akan membahas panjang lebar.

Tafsir bi al-Ma'tsur maksudnya adalah kitab tafsir yang didalamnya memuat penjelasan al-Quran menggunakan Riwayat-riwayat yang shahih, baik tafsir tersebut berupa tafsir al-Quran dengan al-Quran, atau dengan Hadits, atau dengan pandangan dan penjelasan dari sahabat dan tabi'in.

Sementara itu, Metode tafsir yang digunakan dalam tafsir al-Durru al-Mantsur ini adalah metode al-Ijmali. Hal ini bisa dibuktikan dalam penafsirannya Imam Suyuthi menafsiri al-Quran dari awal sampai akhir, sesuai dengan runtutan surat dalam al-Quran. Sementara penjelasannya juga bersifat umum / global. Sehingga dari segi metode bisa disimpulkan mirip dengan Tafsir al-Jalalain.


Kitab ini terdiri dari 17 Juz dengan juz 16 dan juz 17 merupakan daftar isinya. Apakah anda tertarik memiliki kitab ini? Silahkan download pada lin berikut ini. Namun sebelumnya baca terlebih dahulu keterangannya.

عنوان الكتاب : الدر المنثور في التفسير بالمأثور
المؤلف : جلال الدين السيوطي
Nama : al-Durru al-Mantsur Fi al-Tafsir al-Ma'tsur
Author : Jalaluddin al-Suyuthi
File : PDF
Size : 191
Pages : ---
Year : 2003
Published / cetakan : First /Pertama
Publisher : Markaz Li al-Buhuts wa al-Dirasat al-'Arabiyah wa al-Islamiyah - Kairo - Mesir
Download From : archive.org
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
DOWNLOAD
Tag : Tafsir
0 Komentar untuk "Download Gratis al-Durru al-Mantsur Karya Imam Suyuthi"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top