Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Download Kitab Cara Islam Membina Keluarga Karya Sayyid Muhammad Bin Alawi al-Maliki

Download Kitab Cara Islam Mengatur Keluarga ~ Bagaimana cara Islam membina keluarga? Bagaimana Posisi Perempuan / Istri dalam keluarga? Bagaimana Tuntunan Islam dalam mendidik anak? dan masih banyak lagi sederet pertanyaan berkenaan pembinaan keluarga.

Download Kitab Cara Islam Membina Keluarga


Guna menjawab ini, Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki membuat sebuah kitab yang menjelaskan bagaimana tatacara Islam dalam membina Keluarga.

Kitab ini memiliki judul asli "أدآب الإسلام في نظام الأسرة", Sebuah kitab yang mengupas tuntas metodologi dan Manhaj Islam serta tuntunannya dalam pembinaan keluarga.

Dalam pengantarnya, penulis menegaskan bahwa kitab ini bertujuan untuk memberikan pemahaman berbagai macam persoalan dan pemahaman keliru berkenaan masalah keluarga yang saat ini sudah menyebar luas dienak masyaraat.

Salah satunya anggapan bahwa telah terjadi deksriminasi terhadap hak-hak perempuan atau istri.

Penulis Kitab Muhammad Insan Kamil ini, akhirnya memaparkan secara gamblang bagaimana keadaan dan martabat perempuan sebelum hadirnya Islam, justru sangat direndahkan dan mendapatkan diskriminasi baik secara individu maupun dalam tataran sosial.

Salah satu contoh, bagaimana bangsa Athena yang mengaggap perempuan sama dengan sebuah barang yang dapat dijual dan dibeli di pasar, hal seperti ini juga dilakukan oleh bangsa India Kuno.

Bahkan sebagian bangsa eropa menganggap wanita tidak memiliki hak kepemilikan apapun, baik baju yang dikenakan ataupun harta yang diperoleh dari pekerjaannya. 

Bangsa ini percaya, bahwa perempuan hanya diciptakan menjadi pembantu bagi laki-laki.

Bangsa Arab sendiri sebelum datangnya Islam, juga bersikap diskriminatif pada perempuan, bahkan salah satu bangsa arab dahulu tidak suka jika memiliki anak perempuan. 

Seperti yang disebutkan dalam firman Allah swt. dalam Surah al-Nahl Ayat 58-59

Apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, wajahnya menjadi hitam, dan Dia sangat marah. [58]
Dia bersembunyi dari orang banyak, disebabkan kabar buruk yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan atau akan membenamkannya ke dalam tanah (hidup-hidup)? Ingatlah alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu. [59]

Perempuan dan anak-anak juga tidak mendapatkan jatah harta warisan, yang mendapatkan warisan hanyalah orang yang mampu menandingi musuh dimedan peperangan.
Justru diantara bangsa Arab ada yang menjadikan perempuan/ Istri sebagai harta warisan, yang diberikan kepada anaknya sendiri.

Inilah gambaran bagaimana bangsa-bangsa terdahulu sebelum Islam, memperlakukan dan merendahkan martabat perempuan.

Dan hal tersebut berubah setelah Islam datang. Islam akhirnya meninggikan derajat wanita, memberikan posisi yang terhormat baik secara individu maupun dalam tataran sosial.

Bagaimana penjelasannya? anda akan temukan pemaparannya secara gambalng dalam Kitab Cara Islam Mengatur Keluarga Karya Sayyid Muhammad Bin Alawi al-Maliki.

Kemuliaan Islam memang mengakar disuluh lini kehidupan, dan tidak terkecuali keluarga, yang mana ada ulama yang menyebutkan "Keluarga adalah Penopang Sebuah Bangsa"

Dapatkan Juga : Kitab Kemuliaan Umat Muhammad Karya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki

Jika anda tertarik untuk membaca dan mengkajinya, silahkan baca terlebih dahulu keterangan dibawah ini :

عنوان الكتاب : أدآب الإسلام في نظام الإسرة
المؤلف : السيد محمد بن علوي المالكي الحسني


Name : Tatacara Islam Membina Keluarga
Author : Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki
File : PDF
Size : 4.1 MB
Pages : 178
Year : 1423 H
Download From : archive.org
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Tag : Sosial
0 Komentar untuk "Download Kitab Cara Islam Membina Keluarga Karya Sayyid Muhammad Bin Alawi al-Maliki"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top