Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Berbagai Tanggapan Ide Full Day School KEMENDIKBUD

Galeri Kitab Kuning ~ Baru-baru syarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar ide dan gagasan Full Day school [Sekolah sehari penuh] dari menteri pendidikan yang baru dilantik, Muhadjir Effendy.

Ini Dia Berbagai Tanggapan Ide Full Day School KEMNDIKBUD


Meski masih sebatas wacana, nyatanya mendapat reaksi dari masyarakat, khususnya dari para pemerhati pedidikan.

Bahkan saat ini sudah ada petisi yang berjumlah 18 ribuan berkenaan dengan penolakan gagasan dan wacana Full Day School.

Kontroversi tersebut tidak hanya muncul dari para guru sebagai tenaga pendidik, bahkan kepala aerah juga merasa resah jika nantinya agasan itu menjadi nyata, Simak Berbagai Tanggapan Ide Full Day School KEMNDIKBUD berikut ini :

Pak De Karwo, selaku Gubernur Jawa Timur sempat sedikit mengomentari gagasan Full Day School ini “ Jika diterapkan, saya akan  semakin sulit betemu dengan cucu” ujarnya.

Berbeda dengan Bu Risma, Walikota Surabaya justru menanggapi dari segi pembiayaan, dia menegasakan Full Day School bisa mmbutuhkan milliaran rupiah.

Malah mantan mentalis Indonesia, Deddy Corbuzier menegaskan ide Full Day School adalah ide stress, lantaran orang tua akan semakin stres, “jangan lantas buat anak-anak ikut jadi stres” tanggasnya.

Asrorun Ni'am Sholeh, selaku ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia [KPAI], juga ikut angkat suara. 

Dia menegaskan, Menteri Baru tidak perlu membuat ide dan trobosan baru, sebelum diadakan secara mendalam.

Menurutnya, keadaan siswa dan orang tua tidak sama dan tidak dapat disama atakan. Jika alasannya agar siswa memiliki lebih banyak waktu berkumpul dengan teman, lantaran orang tua masih bekerja, Full Day School bukanlah soluisnya.

Karena hal tersebut justru mengakibatkan anak tidak memiliki waktu lebih berkumpul dengan lingkungan keluarga.

Hal tersebut sesuai dengan tanggapan Seto Mulyadi selaku Ketua Komisi PAI. menurut sosok yang akrab dipanggil Kak Seto tersebut, gagasan Full Day School akan merampas kebersamaan anak-anak bersama keluarga.

Meski banyak tanggapan dan kritikan terhadap ide Full Day School dari MENDIKBUD yang baru, namun tidak semua yang menolak.

Salah satu yang mendukung gagasan ini, adalah Abdul Fikri Faqih, Wakil Ketua Komisi X DPR dari Partai PKS justru mendukung adanya ide Full Day School namun dengan syarat pemerintah harus memperhatikan kebutuhan sekolah, seperti sarana-prasarana, rewad bagi guru yang keratif dan inovatif dan lain sebagainya.

Jika syarat tersebut belum terpenuhi, maka dikhawatirkan siswa dan guru jstru akan bosan berlama-lama di sekolah.

Dia juga menambahkan, alasan menerima gagasan Bapak Menteri Muhadjir Effendy, lantaran dapat memperkecil dampak negatif yang biasa terjadi diluar sekolah.

Jika memang bapak Menteri baru ini memang akan merealisasikan Full Day School. lebih baik KEMENDIKBUD Belajar dari pendidikan pesantren.

Baca selengkapnya : KEMENDIKBUD Akan Canangkan Full Day School, Lebih Baik Belajar Dari Pesantren

Nah demikian berbagai Tanggapan Ide Full Day School KEMENDIKBUD yang bisa di informasikan. lantas apakah anda setuju dengan ide ini? silahkan berkomentar.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Berbagai Tanggapan Ide Full Day School KEMENDIKBUD"

close
Banner iklan disini