Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#InfoHaji : 4 Gunung Paling Bersejarah Dalam Islam

Gunung Bersejarah Dalam Islam | Memiliki kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan aman ke Mekah pasti dambaan setiap umat Islam. Oleh karena itu banyak sekali bermunculan travel yang menyediakan jasa untuk pelaksanaan haji dan umrah.

4 Gunung Paling Bersejarah Dalam Islam

Harganya-pun beragam, untuk umrah saja, saat ini saat ini rata-rata para penyedia jasa pemberangkatan haji dan umrah mematok harga diatas $ 1500 USD, atau 20 juta. Dengan berbagai paket yang disediakan.

Biasanya, agem pemberangkatan haji dan umrah mematok harga lebih tinggi dari harga tersebut, pada paket yang lebih tinggi, selain ada fasilitas tambahasan berupa pemondokan yang lebih dengan Masjidil Haram, dan mengunjungi berbagai macam situs bersejarah.

Baca Juga : Masjid Bersejarah Yang Wajib Dikunjungi Di Madinah

Selain bisa untuk beribadah dengan baik, tentu harga 20 juta tidak menjadi masalah, apalagi bisa mengunjungi berbagai situs bersejarah, termasuk berbagai gunung yang juga memiliki nilai bersejarah dalam Islam.

Dan apa saja gunung yang paling bersejarah di Mekah? berikut ini galeri Kitab Kuning akan membagikan informasinya untuk anda.

1. Gunung Tsur

Gunung Tsur / Jabal al-Tsur, memiliki nilai sejarah yang sangat penting, terletak sekitar 6 km di sebelah selatan kota mekah, gua gunung ini menjadi perisai Rasulullah saw dan Abu Bakar dari kejaran kaum Quraisy Mekah, saat mereka berdua melaksanakan perintah Hijrah ke kota Madinah.

Gunung Tsur Jabal Thawr
Gunung Tsur /Jabal Thawr

Di gunung ini terdapat sebuah gua bernama gua Hijrah, yang belakangan juga dikenal dengan gua tsur, yang letaknya cukup jauh dari kaki gunung. dibutuhkan sekitar 1.5 jam, untuk sampai keguna ini.

Bukti bahwa gunung ini sangat istimewa, lantaran Gua tsur ini telah direkam dalam al-Quran, pada surat al-Taubah ayat 40.

Peta Lokasi Jabal Tsur / Gunung Tsur/ Gua Tsur

2. Gunung Nur / Jabal Nur dan Gua Hira'

Gunung Nur yang berarti Cahaya, memiliki nilai historis yang sangat penting dalam Islam, pasalnya 14 Abad yang lalu Rasulullah saw. mendapat wahyu pertama kali di gunung ini, tepatnya di sebuah gua yang berada di sebelum puncak gunung Nur.

Gunung Nur Jabal al Nour
Gunung Nur /'Jabal al Nour

Letaknya tidak begitu jauh dari Masjidil Haram, tepatnya 6 km di sebelah utara, dan masuk dalam kawasan kota mekah.

Untuk sampai dipuncak gunung ini, para jama'ah diharap berhati-hati, sebab jalannuya yang terjal dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Gua Hira' yang menjadi saksi sejarah permulaan turunnya wahyu, bisa dimasuki oleh empat orang, dan tingginya sekitar tinggi orang dewasa.

Dengan mengunjuungi Jabal Nur, terutama Gua Hira'  Para peziarah bisa membayangkan bagaimana perjuangan Rasulullah saw dahulu kala saat menghindari hiruk-pikuk kota mekah, dan menyendiri di gua ini.

Peta Lokasi Jabal Nur / Gunung Cahaya dan Gua Hira'


3. Gunung Rahmah / Jabal Rahmah

Mungkin bagi yang pernah melaksanakan Ibadah haji maupun umrah, Jabal Ramah lebih dikenal sebagai gunung dimana Nabi Adam as, dan Siti Hawa berjumpa setelah 100 tahun mereka berpisah.

Gunung Rahmah
Gunung Rahmah/ Gunung Kasih Sayang

Namun ternyata, Jabal Rahmah juga memiliki nilai historis yang lain, dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Rasulullah saw, melaksanakan Khutbah Wada' di kaki gunung kasih sayang ini.

Gunung yang sudah tidak aktif ini berada di kawasan Arafah, sehingga sangat mudah bagi para Jama'ah haji untuk mengunjunginya.

Peta Lokasi Jabal Rahmah / Gunung Kasih Sayang

4. Gunung Uhud

Di sebelah utara kota Madinah, terdapat pula sebuah gunung yang memiliki nilai historis tinggi dalam Islam, Gunung tersebut bernama Gunugn Uhud.

Gunung Uhud
Gunung Uhud

Sebuah gunung yang memiliki ketinggian sekitar 350 m (bisa dikatakan ini adalah bukit), yang mana telah terjadi pertempuran sengit antara kaum muslimin dan orang-orang kafir.

Awalnya, umat Islam yang hanya berjumlah 700 orang, sempat memukul mundur kaum kafir yang saat itu berjumlah 3000 pasukan.

Namun naas, saat kemenangan didepan mata, kaum Muslimin yang saat itu sedang berada dipuncak gunung, justru turun kelembah untuk mengambil harta rampasan.

Larangan Rasulullah saw, yang saat itu menjadi komandan peperangan tidak diindahkan oleh pasukan Islam. Akibatnya, kaum kafir saat itu langsung menyerang, hingga mampu mengalahkan pasukan Islam.

Perang yang cukup sengit dan dilatar belakangi oleh dendam kaum kafir ini, terjadi pada 7 Syawwal, tahun ketiga Hijriyah. Atau tepatnya pada 22 Maret 625 Masehi.

Peta Lokasi Gunung Uhud

Demikianlah Empat Gunung Paling Bersejarah Dalam Islam yang berada di Mekah dan Madinah, sehingga anda yang kebetulan termasuk jamaah Haji dan Umrah, tidak ada salahnya untuk bisa berkunjung ke-gunung-gunung yang penuh dengan sejarah penting tersebut diatas. Semoga bermanfaat.  
Tag : InfoHaji
0 Komentar untuk "#InfoHaji : 4 Gunung Paling Bersejarah Dalam Islam"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top