Portal Informasi Islam Dan Download PDF

#InfoHaji | Tips Belanja Saat Haji Umroh. Apa Saja?

Info Haji | Belanja memang sudah menjadi kebiasaan orang setiap hari. Kan gitu?  Namun tidak setiap hari orang berbelanja ke luar negri. Ketika haji atau umroh misalnya, tidak setiap hari muslim Indonesia melakukan. Kecuali Dia memiliki pintu kemana saja seperti di dunia doraemon.
Tips trik belanja oleh-oleh haji umroh

Kebanyakan, setelah usai melakukan rangkaian ibadah, jamaah sering mengisi waktu senggangnya dengan berbelanja. Memburui barang seperti pemburu yang sudah disiapi disekitarnya hewan buruan. Seakan berbelanja itu sudah menjadi hal yang wajib dilakukan.

Di sekitaran Mekah dan Madinah banyak penjual yang menjajakan dagangannya yang karena saking banyaknya jamaah bingung memilih apa saja yang akan digondol ke tanah air. Pembahasan lalu, agar jamaah tak lama muter-muter, Galeri Kitab Kuning berbagi informasi seputar Tempat-tempat belanja Murah Haji dan Umroh.

Di tempat-tempat itu pembeli dimanjakan juga menjadi bingung dengan aneka macam barang yang ditawarkan. Souvenir”, Camilan, dan makanan” khas Arab. Perlengkapan Ibada juga Perlengkapan isi perut. Yang berperut hanya Indonesia, makanan khas tanah air juga tak sulit ditemukan disana.

Barang asli atau bukan? Banyak jamaah yang khawatir akan kepalsuan barang. Benar saja, kebanyakan memang tak mengerti asli atau palsu. Karena rawan sekali terjadi penipuan yang pembeli banyak mengalami rugi karenanya.

Dompet tipis akan menipis karena isinya keluar lembar perlembar. Agar tak cepat menipis ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Berikut Kami akan berbagi Tips dan Trik Membeli Bagi Jamaah Haji Umroh

1. Tukar Rupiah jadi Real

Sebaiknya sebelum Anda belanja, tukar dulu uang rupiah menjadi uang real. Walaupun pedagang Arab sama-sama menerima tapi itu tidak semuanya. Beberapa mereka hanya menerima uang real dan itu akan menyulitkan Anda jika uang masih dalam rupiah.

Selain itu harga barang jika dibayar dengan real akan lebih murah daripada langsung dengan rupiah. Anda dapat menukarkan rupiah di ATM atau tempat penukaran uang lain yang akan diterangkan oleh pembimbing Anda.

2. Tawar Saja. Jangan Ragu

Pembeli sering digombali dengan kualitas barang namu juga dibimbangi dengan harga yang mahal. Jadi bingung nih. Para penjual tak sungkan-sungkan membandrol barang dengan harga 5x lebih mahal dari harga normal.

Jadi, jika Anda ditawari dengan harga ratusan real, misalnya, jangan ragu-ragu untuk menawarnya. Toh juga masih banyak yang jual.

3. Sering Belanja, Gayanya

Meski jarang berbelanja di sana bersikaplah seakan sudah sering kesana dengan menggunakan sedikit bahasa Arab pasaran. Karena dengan demikian penjual tidak menawarkan dengan harga diatas standart.
Jika harga yang ditawarkan masih relatif tinggi, “katakan putus” hihi.. dan jangan segan-segan berpaling ke penjual lain. Jika tak ditemukan di tempat lain barang yang dicari kan masih bisa kembali lagi seperti cinta lama bersemi kembali.

5. Ajak Teman

Daripada kesepian lebih baik jika Anda belanja dengan teman-teman Anda. Karena meminimalisir kejahatan yang sering terjadi di pasar. Lebih-lebih Anda adalah seorang wanita. Cantik pula. Atau setidaknya merasa cantik.

Karena di sana kebanyakan wanita memakai pakaian yang serba tertutup. Bukan seperti yang kebanyakan di Indonesia.

Selain untuk jaminan keamanan, Teman juga menjadi tempat tukar pendapat untuk membeli barang atau tidak.

6. Bawalah Lembar Uang Kecil

Saat Anda menukarkan uang rupiah menjadi real, lebih aman jika uang yang ditukarkan tidak dalam nominal besar seperti selembar 500 real. Apalagi 500 real penampakannya hampir sama dengan lembar 50 real.

Karena ketika terburu-buru, barang yang harganya 50 real tapi dibayar dengan 500 real lalu dianggap pas dan pergi. Dan rugi besar.


Demikian info yang Galeri Kitab Kuning bisa Bagikan. Semoga Bermanfaat bagi Anda dan semoga menjadi haji yang mabrur, Amin.
Tag : InfoHaji
0 Komentar untuk "#InfoHaji | Tips Belanja Saat Haji Umroh. Apa Saja?"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top