Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Kitab Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani

Kumpulan Kitab Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani ~ Seperti yang telah kemi jelaskan sebelumnya, bahwa Syaikh Abdul Qadir Jailani merupakan salah satu ulama panutan dan pendiri Tarekat Qadiriyah.

Kumpulan Kitab Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani


Selain dikenal seorang sufi, beliau juga dikenal ulama yang produktif. Berbagai macam karya telah dihasilkan, khususnya dibidang tashawwuf.

Galeri Kitab Kuning, sebagai salah satu blog yang ingin membagikan berbagai macam karya para ulama tersebut kali ini akan membagikan Kumpulan Kitab Karya Syaikh Abul Qadir Jailani.

Baca Juga :

Berbagai macam karya  beliau telah kami kumpukan dalam beberapa pekan, dan al-Hamdulillah sudah terkumpul dan sudah siap untuk didownload. Berikut ini kitab-kitabnya :


1. Kitab al-Ghunyah 

Kitab ini ditulis atas dasar permintaan para ulama pada masanya. Setidaknya ada lima topik utama dalam kitab ini, yakni :
  • Bidang fiqih meliputi shalat, puasa dan lain sebagainya. 
  • Bidang akidah, meliputi tauhid, kenabian, atau rukun iman. 
  • Bidang pembahasan tentang al-Quran, konsep taubat, takwa, surga dan neraka. 
  • Pembahasan tentang doa dan dzikir, dan di akhiri dengan 
  • Pembahasan tentang etika seorang murid (dalam dunia Tasawwuf), sekaligus etika dalam pergaulan

2. Kitab Jalaul Khathir

Makna dari kitab ini adalah "Penerang Perasaan/ Hati", kitab ini memuat berbagai nasehat-nasehat Syaikh Abdul Qadir Jailani. 

Hebatnya, dalam kitab ini acapkali beliau memposisikan diri sebagai penerjemah nasehat-nasehat Allah swt kepada hambanya.

3. Kitab al-Fathu al-Rabbani

Dari makna kitab ini yang berupa "Pembuka Ketuhanan", bisa dipastikan bahwa kitab ini masuk kaegori tasawwuf. 

Jika biasanya kitab memiliki bab, dalam kitab ini sedikit berbeda. Pembahasan menggunakan kategori Majlis "tempat duduk dalam pengajian". 

Kami menganggap bahwa kitab ini diambil dari berbagai momen saat Syaikh Abdul Qadir Jailani sedang memberikan nasehat kepada para muridnya.


4. Kitab Jalan Menuju Allah

Kitab ini memiliki nama Asli "al-Thariq Ila Allah". Kitab ini menjelaskan tentang tahapan yang harus ditempuh seorang murid sufi untuk menggapai tujuannya.


5. Kitab Sirrul Asrar

Tidak jauh berbeda dengan kitab sebelumnya, kitab ini juga membahas tentang tasawwuf. Hanya saja beliau juga menjelaskan berbagai macam rahasia dibalik tasawwuf.

Hal itu sesuai dengan namanya yang berarti "Rahasia dibalik berbagai macam rahasia". Kitab ini sangat direkomendasikan untuk dibaca.


6. Kitab Futuh al-Ghaib

Kitab ini menjelaskan tentang nasehat beliau yang terbagi setidaknya dalam 78 Nasehat. Dan yang menarik, sebelum akhir pembahasan ada pula nasehat beliau kepada seluruh keturunannya.

Beberapa Syair Syaikh Abdul Qadir Jailani, juga menjadi pelengkap kitab ini. jika anda berminat silahkan download pada link dibawah ini.


7. Kitab Safinah al-Qadiriyah

Apakah anda pengikut Tarekat Qadiriyah atau pengagum pendirinya? maka tidak lengkap jika anda tidak memepelajari kitab yang memiliki makna "Perahu Tarekat Qadiriyah" ini.

Kitab ini seyogyanya seperti Manaqib / Sejarah Pengarangnya. Namun, lebih tepatnya bertujuan agar para muridnya bisa mengikuti gurunya. 


8. Kitab Wirid Syaikh Abdul Qadir Jailani

Setiap tarekat, baik Naqsyabandiyah, Syadziliyah maupun Qadiriyah sudah barang tentu memiliki bacaan wirid dengan aturan masing-masing, sebagai sebuah Riyadhah

Maka kitab ini, merupakan salah satu panduan bagi para pengikut Tarekat Qadiriyah ini. Anda ingin membacanya? silahkan unduh saja pada link dibawah ini.


9. Kitab Salawat Syaikh Abdul Qadir Jailani

Kitab ini sebagai pelengkap dari kitab sebelumnya. Kitab ini memuat salawat yang ditulis beliau, setelah mendapakan Ilham dari Allah swt.

Kemudian beliau laporkan kepada Rasulullah saw. dan Rasul-pun memberitahu berbagai macam keutamaan dari salawat ini. Diantaranya (Dengan Izin Allah), orang yang membacanya, ketika ajalnya tiba akan ditemani oleh empat Malaikat. 


10. Kitab Etika Suluk

Etika berarti akhlak dan adab, sementara suluk di dunia sufi dikenal sebagai perjalanan seorang murid dalam dunia tasawwuf.

Yang namanya perjalanan tentu membutuhkan bekal. Nah kitab ini menjelaskan bekal yang harus dimiliki oleh seorang murid, serta etikanya.
[Download]


11. Diwan Syaikh Abdul Qadir Jailani

Mungkin para pembaca sudah tahu tentang kitab Diwan Imam Syafi'i,  yang berisi syair-syair indah pendiri madzhab Syafi'i ini.

Nah, Syaikh Abdul Qadir Jailani juga memiliki kitab diwan. yang isinya juga merupakan bait-bait dan syair indah beliau. Seperti apakah isinya? silahkan unduh pada link dibawah ini.

12. Kitab Tafsir Jailani

Syaikh Abdul Qadir Jailani, seperti yang dijelaskan diatas, merupakan salah satu tokoh sufi yang produktif. 

Baru-baru ini ditemukan arsif di Vatikan, berupa kitab tafsir hasil karya beliau. Kitab dengan kategori Tafsir Tahlili ini tentu saja Pendekatan Tafsir Isyari/ Tafsir Sufi.


Sebagai tambahan, bagi sahabat yang ingin memiliki, membaca dan mengkaji Manaqib Syaekh Abdul Qadir Jaelani, bisa kalian dapatkan dalam tulisan yang pernah kami post sebelumnya:





Demikian informasi tentang Kumpulan Kitab Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani, semoga bisa menambah perbendaharaan koleksi para pembaca, dan tentunya menambah pengetahuan.

24 komentar untuk "Kumpulan Kitab Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani"

  1. saya mah 1 kitab aja blom punya kang, jadi pengen donlot nih, ukuran filenya besar gak yah? maklum kuotanya udah mulai seumprit nie :)

    BalasHapus
  2. Trims gan atas sharenya, baru pertama ke sini, banyak manfaat hehe

    BalasHapus
  3. buku hasil karya syaikh Abdul Qadir Jailani rada banyak saya koleksi dan sesekali tak baca ulang untuk pencerahan, selain buku-buku dari El-Rumi juga saya suka mang...di share mang El-Rumi nya, ditunggu yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang cilembu tea, ya betul memang kitab-kitab Syaikh Abdul Qadir Jailani mantab untuk dibaca.

      Wah request ya? ok InsyaAllah akan saya ushakan kang cilembu

      Hapus
  4. Dari sekian judul di atas, sepertinya saya baru punya 3 yang tertata di rak. Selebihnya saya unduh dari blog penuh manfaat ini, blognya Kak Oim, yang superkeren. :) *Matur nuwun nggih, Kang.
    Oya, sekalian laporan: template saya akhirnya jadi ganti, Kang. hehe.. nuwun atas pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kalau memang info ini bermanfaat. Oya udah ganti? saya kunjungi kang

      Hapus
  5. ini yang saya cari, syukron, izin download ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, semoga nformasi tentang Kumpulan Kitab Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani, bisa bermanfaat

      Hapus
  6. Saya pengen download yang ke 2 nih kang. semoga bermanfaat untuk saya dan kita semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo silahkan di download kitab syaikh abdul qodir jailaninya kang

      Hapus
  7. Hamdan wa syukron lillah saya di pertemukanny Galeri kitab kuning ini semoga bermanfaat bagi diri yg hina ini dan tak luput kami haturkan pada al~alim ADMIN galeri kitab kuning ini yang sudih meluangkan waktu dan tenaganya demi syiarnya syariat agama semoga tercatat sebagai AMAL ILMU YANTAFAUBIH Amin 3x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terimakasih sambungan doanya kang

      Hapus
  8. Terimakasih telah memberi kesempatan untuk download kitab-kitab Syaikh Abdul Qadir Djailani. Semoga Allah senantiasa memelihara kita selalu di Jalan-Nya. Amiiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kang, semoga berkah amin

      Hapus
  9. Terimakasih atas kebaikan nya semoga Allah SWT membalasnya dengan berlipat-lipat ganda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terimakasih atas doanya, semoga bisa menjadi support dan semangat bagi kami, dan semoga kitab kitab Syaikh Abdul Qadir Jailani ini bermanfaat

      Hapus
  10. mau nanya kang, terjemahan kitab khofiyul asror ada nggak ya, kalau ada bisa minta tolong kirim ke devianadityatri@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, untuk terjemahan kitab syaikh abdul qadir memang belum tersedia, Insya Allah akan saya carikan

      Hapus
  11. kalo kitab versi cetakny adabussuluk punya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf belum ada, kalau ada akan saya hubungi

      Hapus
  12. jazakumullah wabaroka alayk... makasih kang... moga manfaat buat yng download

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini