Portal Informasi Islam Dan Download PDF

Akhirnya Terkuak, Ini Foto Asli Syaichona Kholil Bangkalan

Foto Asli Syaichona Kholil Bangkalan | Syaichona Kholil merupakan Sosok kharismatik asal madura yang juga menjadi guru pendiri Nahdhatul Ulama Hadhratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari, dan sejumlah ulama besar lainnya, memang sudah tidak asing lagi khususnya bagi warga Nahdhiyyin.

Ini Foto Asli Syaichona Kholil Bangkalan

Ulama yang dikenal sebagai pembawa Nadzam Alfiyah ke bumi pertiwi tersebut memang dikenal memiliki karomah yang luar biasa.

Maka tak heran, beliau menjadi cikal bakal lahirnya organisasi NU, yang notabene organisasi umat Islam terbesar di Indonesia, seperti yang pernah disampaikan oleh KHR. As'ad Syamsul Arifin selaku pelaku sejarah, dan penyampai pesan Syaichona Kholil Bangkalan kepada muridnya KH. Hasyim Asy'ari.

Sejak munculnya dunia informatika khususnya Internet, foto dari sosok kiai alim, zuhud, dan wara' asal Pulau Madura ini mulai tersebar luas, meski banyak pihak yang meragukan keaslian foto tersebut.

Sementara keluarga keturunan Syaichona Kholil juga awalnya tidak bisa mengklarifikasi keaslian foto yang telah beredar, sebab tidak ada satupun pihak keluarga yang memiliki fotonya.

Hingga akhirnya, Cicit Syaichona Kholil Bangkalan memberikan penegasan bahwa foto yang beredar saat ini di internet, bukanlah sosok datuk beliau.

KH. Zubair Muntashar, Sedang Memegang Foto Syaichona Kholil
KH. Zubair Muntashar, Sedang Memegang Foto Syaichona Kholil

Dikutip dari laman Times Indonesia [23/01/2017], KH. Zubair Muntashor, yang juga pengasuh Pondok pesantren Nurul Kholil Bangkalan menegaskan "Jadi harus diluruskan bahwa foto itu [yang sudah terlanjur beredar di internet] bukan kiai Kholil, Tapi foto orang lain, yang sebenarnya bernama Din Kammuk [Raden Kammuk]"

"Kekeliruan foto yang sudah beredar di internet tersebut, lantaran nama lahir Din Kammuk sama dengan nama Syaichona Muhammad Kholil, yakni Holil bin Zainal Alim" tegasnya.

Beliau menceritakan, bahwa Din Kammuk merupakan seorang Khotib pada saat shalat Jum'at di Masjid Agung Sultan Kadirudin Bangkalan, beliau berdomisili di Jl. Jokotole II RT 12 Kalurahan Demangan.

Beliau menegaskan, sekitar dua bulan yang lalu ada warga bangkalan yang bekerja di salah satu kapal pesiar, dia sempat mengunjungi sebuah museum di Den Hag, Belanda, dan sempat memotret beberapa foto tentang Bangkalan, yang salah satunya foto Adi pati Bangkalan, yang sedang berpose dengan sejumlah tokoh Madura di depan Pendopo.

Dan dalam foto tersebut terdapat sosok bersurban warna putih dan berjenggot warna putih, tepat duduk disamping kanan Adi Pati.

Sosok tersebut tidak seperti warga pribumi, melainkan seperti seorang ulama keturunan Arab dengan ciri-ciri hidung yang mancung, dan sosok inilah yang diyakini Syaichona Kholil Bangkalan.

Sosok tersebut semakin diyakini sebagai Syaichona Kholil Bangkalan, sebab disamping kiri Adi Pati terdapat seorang Kiai yang diketahui bernama KH. Ghazali Dulkarim [Beliau dikenal dengan sebutan Kiai Kalah], yang diyakini hidup semasa dengan Syaichona Kholil.

"Kami yakin 95%, bahwa dialah [Sosok yang memakai sorban putih dengan jenggot putih], adalah Syaichona Kholil Bangkalan, sebab ada yang bilang beliau sangat mirip dengan al-Habib Muhdhar dari Bondowoso. dan tidak mungkin Habib Mudhar saat ini berpose dengan Adi Pati Bangkalan, sehingga kami sangat yakin beliau adalah Syachona Kholil, sebab Kiai Kalah berada di foto itu" tegas KH. Zubair.
Apalagi salah satu cicit Syaichona Kholil juga ada yang menegaskan bahwa datuknya memang tidak sama dengan pribumi, beliau lebih miirp dengan keturunan Arab. [Admin]
Tag : Ragam
2 Komentar untuk "Akhirnya Terkuak, Ini Foto Asli Syaichona Kholil Bangkalan"

maaf .... kok terlalu meng-agung2-kan yaaaa .... ghuluw

ini bukan ghuluw, jika saya tanya apa ghuluw itu?

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top