Portal Informasi Islam Dan Download PDF

20 Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Jawa Timur

Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Jawa Timur | Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di indonesia, sejarah kemerdekaan Republik Indonesia-pun tidak akan pernah terpisah dari peran para kaum kiai dan santri yang notabene berada di sebuah Pesantren.


Sejak awal tahun 1900-an, lembaga ini diketahui sudah mulai menyebar kepolosok sluruh negeri, hampir disetiap propinsi ditemukan jejak lembaga pendidikan berbasisi pondok pesantren tersebut.

Setidaknya ada beberapa komponen yang membedakan Pondok Pesantren sebagai pusat pendidikan dengan pendidikan yang lain, yakni :

1. Kiai

Secara definisional, Kata kiai tidak memiliki definisi yang paten, namun yang terpenting kiai merupakan sosok sentral dan panutan serta pengatur arah lembaga pendidikan yang dibimbing / dipimpinnya.

Dilain tempat kiai biasa juga diistilahkn sebagai "Khadim", yang berasal dari kata bahasa arab yang berarti pembantu, [Juru Laden], hal ini disebabkan seorang kiai ialah seseorang yang mengabdikan dirinya untuk kepentingan lembaga pendidikan pesantren secara khusus, dan untuk agama dan umat Islam secara umum.

Meski banyak sekali definisi tentang "Kiai", namun yang jelas muaranya tetap sama, yakni seorang yang menjadi panutan, orang tua santri, penanggung jawab lembaga pendidikan secara umum.

2. Santri

Santri adalah orang yang belajar di Pondok pesantren, biasanya proses tersebut dikenal dengan "nyantri". Mereka rata-rata berasal dari luar daerah atau dari sekitar pesantren itu berada.

Dahulu para santri yang belajar ke pesantren tidak menginap, melainkan datang ke pesantren untuk mengaji kitab, dan pulang saat selesai pembelajaran.

Namun lambat laun, mereka lebih memilih menetap dan ber-mulazamah dengan guru, mereka memilih untuk hidup secara mandiri jauh dari orang tua.

Sebab semakin banyaknya para santri yang menginap, akhirnya pihak kiai membangun \pemondokan untuk hunian para santri yang dikenal dengan "Pondok/ pondok-an"

3. Pondok / Hunian Santri

Merupakan bangunan atau semi bangunan yang berbentuk kamar, dan berfungsi sebagai hunian santri saat berada di pesantren.

Jumlah santri dalam satu kamar tidak memiliki batasan, disebagian pesantren ada yang tergantung pada jumlah ranjang yang disediakan adapula yang menggunakan lesehan, sehingga jumlahnya relatif lebih banyak.

4. Pusat Ibadah

Untuk mendukung aktifitas kegiatan di pesantren khususnya dibidang peribadatan, pusat ibadah merupakan sarana yang harus dimiliki oleh pesantren, biasanya pusat ibadah ini berupa Masjid, Surau atau langgar.


5. Kurikulum / Materi Ajar

Materi ajar menjadi salah satu hal yang urgen mengingat santri di pesantren tidak hanya ingin mengaji atau memperdalami agama saja.

Jika Kitab Kuning menjadi salah satu icon buku bacaan atau materi ajar wajib, ada pula materi ajar yang berupa pengembangan mental dan kepribadian yang luhur.

Sebab dalam dunia pesantren sendiri, pendidikan budi pekerti atau sekarang biasa diistilahkan dengan pendidikan karakter, merupakan tujuan utama dari pendidikan itu sendiri.

Selain itu disebagian pesantren juga menerapkan kurikulum yang berbasis pengembangan prikomotorik santri, mnisalnya dalam bidang pertanian, jurnlistik, perdagangan dan lain sebagainya.

Sehingga bisa disimpulkan materi ajar di Pondok Pesantren sangatlah kompleks, dan tidak terbatas pada kurikulum bacaan semata.


6. Kelas / Madrasah

Madrasah merupakan lembaga pendidikan struktural dan sistematis yang berada dibawah naungan pesantren.

Biasanya madrasah di pondok pesantren terdiri dari dua macam pendidikan :
  • Lembaga Formal Pesantren, dan
  • Lembaga Non Formal
Di Jawa Timur sendiri saat ini telah berdiri dan beroperasi banyak sekali Ponok pesantren, dan tidak banyak diantara pesantren tersebut yang masih eksis dan langgeng, banyak diantara pesantren tersebut yang mengalami perubahan  dan perkembangan sehingga kesan pesantren salaf mulai pudar.

Dan pada kesempatan kali ini Galeri Kuning akan berbagi informasi seputar Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Jawa Timur, yang mungkin nantinya bisa dijadikan refrensi bagi anda yang sedang membutuhkan.

1. Pondok Pesantren Sidogiri


Lambang Pondok Pesantren Sidogiri


Nama Pesantren Sidogiri
Pimpinan / Kiai KH. Nawawi Bin Abdul Jalil
Lokasi Sidogiri, Kraton Pasuruan
Berdiri 1745 M
Kontak Pondok pesantren Sidogiri Klik Disini
Website Klik Disini


2. Pondok Pesantren Lirboyo


lambang pondok Pesantren lirboyo

Nama Pesantren Lirboyo
Pimpinan / Kiai KH. Kafabih
Lokasi Jl. KH. Abdul Karim Lirboyo Mojoroto Kota Kediri
Berdiri 1910 M
Kontak Pondok Pesantren Lirboyo, Klik Disini
Website Klik Disini

3. Pondok Pesantren al-Falah Ploso
4. Pondok Pesantren Tebuireng Jombang
5. Pondok Pesantren Darullughah Waddakwah
6. Pondok Pesantren al-Khozini, Buduran
7. Pondok Pesantren Modern Gontor
8. Pondok Pesantren Langitan
9. Pondok Pesantren Tambak Beras
10. Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran
11. Pondok Pesantren An-Nur
12. Pondok Pesantren al-Amin Perenduan
13. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo
14. Pondok Pesantren Genggong Probolinggo
15. Pondok Pesantren Paiton Probolinggi
16. Pondok Pesantren al-Rifa'ie
17. Pondok Pesantren Bata-Bata, Pamekasan
18. Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Besuk
19. Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Sidoarjo
20. Pondok Pesantren Annuqoyah, Guluk-Guluk.

Demikian Pesantren-pesantren terbaik dan terbesar di Jwa Timur yang bisa kami bagikan, sebenarnya semua pondok pesantren itu baik, namun tinjauan dalam tulisan ini adalah peran sertanya yang cukup besar untuk mengawal pendidikan agama Islam di Bumi Nusantara ini.
Tag : Ragam
2 Komentar untuk "20 Pondok Pesantren Terbaik Dan Terbesar Di Jawa Timur"

Yahh pondok salafiyah Kauman Bangil ga masuk ya mas :)

Semuanya masuk kang, cuma ini yang saya sebutkan berdasarkan pengaruhnya kang... jika ada data pondok pesantren Kauman monggo di inbox kang akan saya masukkan

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top